Rabu, 27 Juni 2012

Kefatalan Sekolah-sekolah dan Tempat Les di Palembang (semoga di kota lain tidak)

Di Palembang, akhir-akhir ini banyak sekali buka sekolah dengan embel2 "INTERNASIONAL" bermunculan.
Permasalahannya, apakah sekolah2 ini memang internasional school, bertaraf internasional, atau menggunakan kurikulum internasional? Coz they are different.

Banyak ortu tergiur dengan kata "internasional", berbondong2 mendaftar ke sekolah tersebut. Akhirnya mereka mendapati bahwa sekolah tersebut bukanlah sekolah internasional. Ada juga ortu yang tidak tahu atau tidak mau tahu, jadi walaupun kualitas sekolah tersebut jelek, mereka ga masalah, ok ok aja.

Akhir-akhir ini saya menemukan ada sekolah ngaku internasional yang gurunya mantan kasir, tentunya dengan kemampuan berbicara dan grammar Bahasa Inggris yang amburadul.
Ada juga sekolah ngaku internasional yang takut kehilangan murid, jadi walaupun ada murid yang suka memukul murid lain, oleh si guru tidak di hukum. Sampai akhirnya si mama bilang sama anaknya, "ya udah, kalau kamu dipukul lagi, balas aja."

Ada tempat les, yang mematok orang bule (native speaker), tapi grammar juga salah2. Eh ternyata si bule rupanya turis, bukan guru yang mempunyai background pendidikan.

Ada lagi tempat les, yang gurunya hobi mengurung anak di kamar mandi. Kalau ada anak baru, dan mrk belum terbiasa di tempat les itu, dan mereka menangis, maka anak yang nangis akan dikurung. Sampai si anak trauma dan tetap nangis2 tiap mau les. Salah satu anak yg les disana bilang gini: aku ngga nangis miss, makanya aku ngga dikurung.

Masih banyak lagi kefatalan2 lainnya.

Saya sadar, di Palembang, resources nya masih sangat kurang. Tapi seharusnya sekolah2 yang ngaku internasional atau berstandar internasional, melatih dan educate guru2nya, supaya jd bagus. Bukan dibiarin saja.

As parents, kalian juga harus lebih aware dengan pendidikan anak, baik di sekolah maupun tempat les.
Ada guru baru, tidak ada salahnya ditanya, apa backgroundnya. Komunikasi dengan anak juga harus baik, jadi si anak mau bercerita bagaimana suasana dan aktivitas di sekolah/tempat les.
Please be proactive. Sebelum mendaftar, cari tau yang jelas. N please cari info yang jelas kriteria internasional school, jadi ngga kena kibul.

Tips2 memilih sekolah/tempat les:
1. Beberapa kriteria Internasional School:
- kurikulum internasional, full English, tidak ngajar Bahasa Indo, certificate berlaku scr internasional, jd diakui di negara2 lain.
2. Cari tau background dari guru ( bule sekalipun)
Tanyalah, apa background si guru, dulu ngajar dmn, kuliah dmn.
3. Tanya2 kepada teman yang sudah les atau daftar duluan.
Baguskah skul/tempat les tersebut.

Semoga bermanfaat.
Liana


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar