Labels

Senin, 27 Februari 2012

Kasih Orangtua Tanpa Pamrih?

Familiar dengan lagu ini?

Kasih ibu, kepada beta, tak terhingga sepanjang masa.
Hanya memberi, TAK HARAP KEMBALI, bagai sang surya menyinari dunia..

Teorinya, kasih orangtua kepada anak itu ikhlas dan tak harap kembali.
Prakteknya, orangtua pada umumnya mengharapkan balasan.

Seperti: menuruti seluruh kata orangtua dari memilih jodoh, jurusan kuliah, pekerjaan, dll.
Merawat dan membiayai orangtua saat mereka tua nanti.

Sering sekali saya mendengar orangtua berkata: sudah susah-susah disekolahin, dibiayain, awas kalo besar nanti ngga membalas budi dan membiayai saya.

Ck ck ck, belum apa-apa saja, kita sudah mengharapkan balasan atas yang kita berikan ke anak.
Si anak belumlah sukses, kita sudah membebani mereka dengan segala kewajiban moral kepada kita.

Apakah itu cara yang benar? Saya tidak tahu.
Mungkin Ya, untuk sebagian besar orang. Bagi saya,s etiap anak punya jalan hidupnya sendiri, punya pilihan dan kesukaan sendiri.
Yang penting saat dia besar nanti, anak saya jadi orang yang berbudi dna berhati baik.
Saya tidak mengharapkan atau mengharuskan, saat tua nanti dia harus mengurus atau membiayai saya.

Tapi, bukankah kalau hubungan anda dengan anak anda sangat baik, secara otomatis mereka akan membalas budi anda?
Tanpa diminta-minta dan tanpa diancam-ancam.

Regards,
Liana

Tidak ada komentar:

Posting Komentar